dc.contributor.author | Agustiningsih | |
dc.date.accessioned | 2014-08-14T07:08:22Z | |
dc.date.available | 2014-08-14T07:08:22Z | |
dc.date.issued | 2014-08-14 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58890 | |
dc.description | Info lebih lanjut hub:
Lembaga Penelitian Universitas Jember
Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jember | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen. Dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, mengacu pada unsur-unsur model pengembangan perangkat pembelajaran Tiagarajan yang disebut four-D Models. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi model materi dalam bentuk buku ajar, model strategi dalam bentuk RPP dan model evaluasi dalam bentuk lembar kegiatan mahasiswa dan soal tes yang diterapkan pada mahasiswa semester 1 S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran dan efektivitas penerapan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen.
Rancangan penelitian yang digunakan pada saat penerapan perangkat pembelajaran adalah mengacu pada tahapan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan. Hal ini dasarkan pada kualitas model materi, kualitas model strategi dan kualitas model evaluasi adalah baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Penerapan perangkat pembelajaran efektif menunjang kegiatan belajar mengajar yang didasarkan pada rata-rata keterlaksanaan RPP berkategori baik. Aktivitas mahasiswa selama kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa mahasiswa belajar aktif. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran dosen positif. Demikian juga dengan hasil belajar mahasiswa yang menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan ditinjau dari ketuntasan individual sebesar 96,3% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Sensitivitas butir soal bernilai positif dan reliabilitas rata-rata instrumen di atas 75% (reliabel).
Dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran dan hasil penerapan pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen yang dikembangkan adalah baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai perangkat pembelajaran pada mata kuliah Konsep Dasar IPA . Begitu juga dengan penerapan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen yang dikembangkan efektif menunjang kegiatan belajar mengajar. | en_US |
dc.publisher | FKIP'13 | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Pemula;215 | |
dc.subject | pengembangan perangkat pembelajaran | en_US |
dc.subject | Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen | en_US |
dc.subject | kualitas perangkat pembelajaran | en_US |
dc.subject | efektivitas penerapan perangkat pembelajaran | en_US |
dc.title | Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA | en_US |