• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER RESEARCH REPORT (LEMLIT)
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa S1 PGSD pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA

    Thumbnail
    View/Open
    Agustiningsih_pemula_boptn_215.pdf (167.4Kb)
    Date
    2014-08-14
    Author
    Agustiningsih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, karena dalam penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen. Dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, mengacu pada unsur-unsur model pengembangan perangkat pembelajaran Tiagarajan yang disebut four-D Models. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi model materi dalam bentuk buku ajar, model strategi dalam bentuk RPP dan model evaluasi dalam bentuk lembar kegiatan mahasiswa dan soal tes yang diterapkan pada mahasiswa semester 1 S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran dan efektivitas penerapan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan pada saat penerapan perangkat pembelajaran adalah mengacu pada tahapan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus, masing-masing siklus dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memiliki kualitas yang baik dan layak untuk digunakan. Hal ini dasarkan pada kualitas model materi, kualitas model strategi dan kualitas model evaluasi adalah baik dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran. Penerapan perangkat pembelajaran efektif menunjang kegiatan belajar mengajar yang didasarkan pada rata-rata keterlaksanaan RPP berkategori baik. Aktivitas mahasiswa selama kegiatan belajar mengajar menunjukkan bahwa mahasiswa belajar aktif. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran dosen positif. Demikian juga dengan hasil belajar mahasiswa yang menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan ditinjau dari ketuntasan individual sebesar 96,3% pada siklus 1 dan 100% pada siklus 2. Sensitivitas butir soal bernilai positif dan reliabilitas rata-rata instrumen di atas 75% (reliabel). Dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran dan hasil penerapan pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen yang dikembangkan adalah baik dan telah memenuhi kelayakan sebagai perangkat pembelajaran pada mata kuliah Konsep Dasar IPA . Begitu juga dengan penerapan perangkat pembelajaran model problem based learning dengan metode eksperimen yang dikembangkan efektif menunjang kegiatan belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58890
    Collections
    • LRR-Hibah Dosen Muda/Pemula [260]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository