Show simple item record

dc.contributor.authorPuput Isnianto
dc.date.accessioned2013-12-07T02:36:07Z
dc.date.available2013-12-07T02:36:07Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM070210102078
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5887
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru fisika kelas X di SMA Negeri Umbulsari diperoleh informasi bahwa dalam proses pembelajaran di kelas telah dilengkapi dengan buku pegangan untuk siswa berupa PR Fisika SMA, tetapi guru kesulitan dalam menerapkannya di kelas. Hal ini disebabkan karena buku pegangan berupa PR Fisika SMA tersebut sulit dimengerti oleh siswa, materi yang disajikan tidak lengkap, kurang runtut, serta soal yang disajikan terlalu sulit, sehingga hasil belajar siswa setelah pembelajaran tergolong masih rendah. Informasi lain yang didapatkan adalah bahwa sabagian besar siswa tidak memiliki buku paket/panduan lain yang dapat mendukung proses pembelajaran fisika. Strategi yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yaitu dengan mengembangkan suatu modul pembelajaran fisika berbantuan animasi macromedia flash dengan model pengajaran langsung (direct instruction) yang dapat digunakan siswa selama proses pembelajaran. Modul pembelajaran fisika adalah suatu paket pembelajaran yang memuat satu unit konsep dari bahan pelajaran fisika sebagai salah satu usaha penyelenggaraan pengajaran individual yang memungkinkan siswa menguasai bahan pelajaran secara mandiri. Animasi macromedia flash merupakan kumpulan gambar yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan gerakan. Model pengajaran langsung ( direct instruction) adalah salah satu pendekatan mengajar yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap, selangkah demi selangkah. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kualitas modul pembelajaran fisika, keterlaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar fisika siswa, dan respon siswa setelah pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa modul pembelajaran fisika pada pokok bahasan gelombang elektromagnetik. Pengembangan modul pembelajaran fisika menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisinan, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi dan angket. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi ahli, observasi, tes, dan pemberian angket. Data yang didapatkan adalah validasi ahli, keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa, angket uji keterbacaan dan uji kesulitan serta angket respon siswa. Hasil validasi ahli mendapatkan kesimpulan bahwa modul pembelajaran fisika berkategori baik dan dapat digunakan pada uji pengembangan. Uji pengembangan dilaksanakan dengan melakukan uji homogenitas dengan teknik simple random sampling terlebih dahulu sehingga didapatkan kelas X-5 SMA Negeri Umbulsari sebagai kelas untuk uji pengembangan. Uji pengembangan dirancang dengan one shoot case study. Keterlaksanaan pembelajaran berdasarkan penilaian observer telah terlaksana dengan baik, reabilitas instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran secara umum bersifat reliabel. Ketuntasan hasil belajar kognitif siswa secara classical sebesar 77,78% sehingga siswa kelas X-5 SMA Negeri Umbulsari telah mencapai ketuntasan hasil belajar secara clasical. Siswa kelas X-5 SMA Negeri Umbulsari memberikan respon positif terhadap penggunaan modul pembelajaran fisika untuk siswa kelas pokok bahasan gelombang elektromagnetik, hal ini disebabkan karena penggunaan modul pembelajaran fisika berbantuan animasi macromedia flash dengan model pengajaran langsung ( direct instruction) merupakan hal yang baru. Siswa menginginkan pembelajaran selanjutnya menggunakan modul pembelajaran fisika pokok bahasan gelombang elektromagnetik yang telah dilaksanakan juga dilaksanakan pada pembelajaran selanjutnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210102078;
dc.subjectPembelajaran Fisika Berbantuan Animasi Macromedia Flashen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBANTUAN ANIMASI MACROMEDIA FLASH DENGAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG ( DIRECT INSTRUCTION) DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record