Show simple item record

dc.contributor.authorAji Wijatmiko
dc.date.accessioned2013-12-07T02:12:43Z
dc.date.available2013-12-07T02:12:43Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM060210102169
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5874
dc.description.abstractBerdasarkan hasil observasi awal, di SMP Negeri 2 Ambulu tahun ajaran 2010/2011 didapatkan bahwa dalam proses pembelajaran fisika jarang dilakukan inovasi penyampaian materi dan berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan apakah penggunaan model Problem Based Instruction disertai Tanya Jawab dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu serta mendeskripsikan apakah penggunaan model Problem Based Instruction dengan Tanya Jawab dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu.. Model Problem Based Instruction merupakan suatu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri. Model ini mengharuskan siswa melakukan penyelidikan otentik untuk mencari penyelesaian terhadap masalah nyata. Untuk membantu siswa mengarahkan pola pikir siswa kepada konsep yang diinginkan, maka disertakan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran.. Langkah-langkah dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut: (1) mengorientasikan masalah kepada siswa; (2) mengorganisasikan siswa berkaitan tugas belajar untuk memecahkan masalah; (3) membimbing penyelidikan agar siswa mendapat pemecahan yang sesuai dengan masalah yang dipecahkan; (4) siswa mengembangkan dan menyajikan hasil karya; (5) guru menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Proses tanya jawab diletakkan pada saat siswa menyajikan hasil karya. Dari pra siklus, hanya ada 9 orang yang tuntas belajar. Pada siklus 1, didapatkan bahwa niai Normalized Gain (NG) aktivitas dan hasil belajar masing- masing sebesar 0,417 dan 0,315 dengan jumlah orang yang tuntas belajar sebanyak 21 orang. Secara kualitatif NG tersebut menunjukkan bahwa peningkatan yang dialami adalah sedang. Pada siklus 2, nilai Normalized Gain (NG) yang didapatkan untuk aktivitas dan hasil belajar fisika siswa masing- masing adalah 0,673 dan 0,302 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 orang. Secara kualitatif nilai ini juga diartikan siswa mengalami peningkatan sedang. Namun penelitian ini telah memenuhi target Normalized Gain (NG) sebesar 0,3. Selama proses pembelajaran dengan model Problem Based Instruction tercipta suasana belajar aktif di kelas. Situasi ini berdampak langsung pada meningkatnya hasil belajar. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan model Problem based Instruction disertai tanya jawab dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210102169;
dc.subjectTanya Jawab untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Sis waen_US
dc.titlePENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 AMBULUen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record