• Login
    View Item 
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • LECTURER SCIENTIFIC PUBLICATION (Publikasi Ilmiah)
    • Karya Deposit Ilmiah
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG KONSTRUKTIVISTIK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN SUMBER KEJAYAN03 KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf (60.43Kb)
    Matematika.pdf (187.4Kb)
    Date
    2014-08-07
    Author
    DIAH RENAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan dan perubahan di segala aspek kehidupan semakin pesat, begitu juga perkembangan di dunia pendidikan, tuntutan akan kesuksesan suatu pembelajaran sangat diprioritaskan. Untuk mendukung kesuksesan pembelajaran tersebut salah satunya yaitu merancang dan menerapkan stategi pembelajaran dengan metode belajar yang tepat dan sesuai untuk menyampaikan materi pelajaran, strategi yang menjadi kajian/ bahasan utama pada kesempatan ini adalah strategi pembelajaarn yang konstruktivistik dengan metode belajar problem solving pada pelajaran matematika SD. Rumusan masalah yang ingin disajikan sebagai bahan kajian adalah : Apakah Strategi pembelajaran yang konstruktif dengan penerapan metode problem solving dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika siswa kelas IV Semester II SDN Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember yang berjumlah 25 siswa. Metode pembelajaran yang digunakan adalah problem solving yaitu suatu metode dalam pembelajaran matematika yang menekankan pada pemecahan masalah dengan penyelesaian yang tidak rutin. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang konstruktivistik dengan penggunaan metode problem solving dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika siswa kelas IV Semester II SD Negeri Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah strategi pembelajaran yang konstruktivistik dengan penggunaan metode problem solving sangat baik untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di SD, selain untuk mencegah kebosanan juga untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58747
    Collections
    • Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan [298]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository