• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL INVESTIGASI KELOMPOK (GROUP INVESTIGATION) DENGAN TUGAS MEMBUAT “BAGAN PEMAHAMAN KONSEP” PADA POKOK BAHASAN KALOR (Studi pada Sis wa Kelas VII D Semester 1 SMP Negeri 1 Ambulu Tahun Ajaran 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    Adi Satriawansyah.pdf (745.9Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Adi Satriawansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika bersifat empiris, yaitu setiap hal yang dipelajari dalam Fisika didasarkan pada hasil pengamatan tentang gejala alam dan gejala-gejalanya. Oleh karena itu, diperlukan suatu pembelajaran yang cocok dengan sifat Fisika tersebut. Dalam upaya memperbaiki kualitas pembelajaran Fisika di SMP Negeri 1 Ambulu perlu diterapkan model pembelajaran investigasi kelompok (group investigation). Model pembelajaran investigasi kelompok (group investigation) merupakan model pembelajaran berorientasi konstruktivistik sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran Fisika. Konsep implementasi pembelajaran dengan model investigasi kelompok (group investigation) adalah mengajar suatu konsep/ materi pokok dengan menerapkan tiga konsep utama, yaitu: (1) penelitian (inquiry); (2) pengetahuan (knowledge); dan (3) dinamika belajar kelompok (the dynamics of the learning group). Sedangkan untuk membantu siswa dalam menggabungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru dipelajari ataupun menguatkan konsep materi yang dipelajari siswa digunakan metode tugas, yaitu tugas membuat “Bagan pemahaman Konsep”. Dengan menggabungkan pembelajaran investigasi kelompok dengan “Bagan pemahaman Konsep”, maka pembelajaran berorientasi konstruktivistik dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengkaji ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan pos-test siswa setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep; 2) untuk mendeskripsikan bagaimana efektivitas model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep dalam proses belajar mengajar Fisika; 3) untuk mengkaji seberapa kuat retensi hasil belajar Fisika peserta didik setelah proses belajar mengajar dengan menggunakan model vii investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai masukan atau alternatif dalam mengajar Fisika di SMP. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu atau quasi experiment. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D semester 1 SMP Negeri 1 Ambulu tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan menggunakan pre-test dan pos-tes serta dilengkapi tes tunda untuk mengkaji retensi hasil belajar. Dengan model ini, penelitian hanya ingin mengetahui efek sebelum dan sesudah perlakuan diberikan pada kelompok. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisa data menggunakan: (1) uji perbedaan antara hasil pre-test dan postest pada penerapan model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep; (2) uji efektifitas penerapan model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep; (3) uji retensi untuk mengkaji retensi hasil belajar setelah belajar Fisika menggunakan model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep. Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas VII D ini, dilakukan 4 kali tatap muka untuk menyampaikan materi pelajaran, satu kali tatap muka untuk memberikan pre-test, 1 kali tatap muka untuk memberikan pos-test dan 1 kali tatap muka untuk memberikan test tunda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pre-test 43,294, pos-test 66,765; tes tunda 67,235. Terjadi peningkatan nilai rata-rata pre-test terhadap rata-rata pos-test sebagai akibat dari pmbelajaran menggunakan model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep. Juga terjadi peningkatan nilai rata-rata tes tunda terhadap rata-rata pos-test yang menandakan retensi belajar yang kuat. Berdasarkan analisis data didapat bahwa nilai t- t es = sedangkan t = 2,68. Diketahui t- t- tes t es > t t abel dengan membandingkan t (13,04 > 2,68). Menguji perbedaan yang signifikan pada pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian hipotesis nihil (H 0 t abel ) ditolak dan hipotesi kerja (Ha) diterima, yang berarti ada t abel perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan pos-test siswa kelas VII D semester 1 SMP Negeri 1 Ambulu tahun ajaran 2010/2011 yang diajar dengan model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep pada pokok bahasan kalor. Berdasarkan analisis data didapat nilai efektifitas relatif sebesar 54,21%. Nilai tersebut dikonsultasikan pada Tabel Kriteria Efektifitas berada pada selang antar 50 η < 75, sehingga dikatagorikan efektifitasnya adalah efektif. Hal ini berarti dapat dikatakan bahwa model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep efektif pada pembelajaran Fisika pokok bahasan kalor siswa kelas VII D semester 1 SMP Negeri 1 Ambulu. Retensi belajar siswa dengan menggunakan model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep pada pokok bahasan kalor siswa kelas VII D semester 1 SMP Negeri 1 Ambulu adalah sebesar 100,70% yang berarti daya tahan atau daya serap siswa termasuk kuat. Keseluruhan analisis dari data data yang diperoleh mengarahkan pada kesimpulan bahwa, model investigasi kelompok (group investigation) dengan tugas membuat bagan pemahaman konsep dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran Fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5871
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository