dc.contributor.author | Imsiyah, Niswatul | |
dc.date.accessioned | 2014-07-21T04:36:38Z | |
dc.date.available | 2014-07-21T04:36:38Z | |
dc.date.issued | 2014-03-16 | |
dc.identifier.isbn | 978-602-18397-2-0 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58639 | |
dc.description.abstract | Pengajian merupakan salah satu bentuk program pendidikan non formal yang banyak diselenggarakan oleh masyarakat. Pengajian dilaksanakan untuk menambah pengetahuan agama, meningkatkan iman, memperbaiki sikap dan mengokohkan kepribadian. Oleh karena itu dalam pembelajarannya diharapkan terjadi suatu perubahan pada diri peserta pengajian. Sebagaian besar peserta didiknya adalah ibu-ibu yang berlatar budaya Jawa Madura yang sebagaian masih percaya pada tradisi klenik dan mitos. Oleh karena itu melalui pembelajaran transformatif diharapkan terjadi perubahan yang mendasar pada anggota kelompok pengajian. Tulisan ini merupakan hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran pelaksanaan pembelajaran pada kelompok pengajian Al-Mar’atus Sholehah, (2) masalah yang dihadapi peserta pengajian Al-Mar’atus Sholehah dan perlu diatasi dengan pembelajaran transformatif, (3) perubahan yang didapatkan peserta pengajian Al-Mar’atus Sholehah setelah memperoleh pembelajaran transformatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tradisi studi kasus. Teknik yang digunakan untuk menentukan informan adalah Snowball Sampling Technique. Subjek penelitian adalah Pengurus pengajian, Ustadzah, peserta pengajian. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Temuan yang diperoleh dari hasil Penelitian ini adalah: 1) Gambaran pelaksanaan pembelajaran pada kelompok pengajian Al-Mar’atus Sholehah pengajian diawali dengan membaca Al-Fatihah dilanjutkan membaca yasin tahlil kemudian kajian yang disampaikan ustadzah sekaligus memimpin doa. 2) Masalah-masalah yang dihadapi peserta pengajian Al-Mar’atus Sholehah adalah a. kurangnya pemahaman aqidah Islam pada ibu-ibu kelompok pengajian; b.kurangnya pemahaman pentingnya hidup bermasyarakat. 3) Perubahan yang didapatkan opeserta pengajian Al-Mar’atus Sholehah adalah : a. adanya perubahan sikap positif dalam kehidupan sehari-hari; b. adanya peningkatan sifat sosial pada anggota pengajian. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember | en_US |
dc.relation.ispartofseries | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan SAINS;208 - 225 | |
dc.subject | Transformative learning, kelompok pengajian, berlatar budaya jawa madura | en_US |
dc.title | TRANSFORMATIVE LEARNING PADA KELOMPOK PENGAJIAN YANG BERLATAR BUDAYA JAWA MADURA (Studi Kasus pada Ibu-Ibu Kelompok Pengajian Al-Mar’atus Sholehah di Perumahan Tegal Besar Permai I Jember) | en_US |
dc.type | Article | en_US |