Show simple item record

dc.contributor.authorOKKY ALVIONITA
dc.date.accessioned2014-07-18T03:05:14Z
dc.date.available2014-07-18T03:05:14Z
dc.date.issued2014-07-18
dc.identifier.nimNIM100210101001
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58539
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir matematis yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan scientific model kelompok dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo tahun ajaran 2013/2014. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir matematis siswa yang diajar menggunakan pendekatan scientific model kelompok lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, VII G, dan VII H. Untuk pengambilan sampel, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan analisis varian (oneway ANOVA) dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dengan menggunakan hasil ulangan materi sebelumnya yaitu Aritmatika Sosial. Dari analisis varian ke delapan kelas tersebut dinyatakan homogen, maka diambil 2 kelas sebagai sampel atau objek penelitian dengan tehnik acak (cluster random sampling). Berdasarkan hasil acak didapat kelas VII A dan VII D, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t (independent sample t-test). Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas dengan menggunakan analisis SPSS 17.0 for windows. Berdasarkan analisis data tes hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang berarti pada tingkat signifikansi 5% dengan nilai thitung sebesar 4,227 dan ttabel sebesar 1,670. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir matematis yang lebih baik antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan scientific model kelompok dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Situbondo tahun ajaran 2013/2014.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101001;
dc.subjectKemampuan Berpikir Matematis, Model Kelompok, Metode Konvensionalen_US
dc.titlePERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA ANTARA PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MODEL KELOMPOK DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 3 SITUBONDO TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record