Show simple item record

dc.contributor.authorMahbubil Iqbal
dc.date.accessioned2014-07-18T03:02:41Z
dc.date.available2014-07-18T03:02:41Z
dc.date.issued2014-07-18
dc.identifier.nimNIM100210101054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58538
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berbasis karakter konsisten dan teliti menggunakan pendekatan RME pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi kelas VII SMP. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (developmental research) dengan pengembangan berupa perangkat pembelajaran dan instrumenix instrumen yang diperlukan untuk mengembangkan karakter konsisten dan teliti pada diri siswa melalui pembelajaran persegi panjang dan persegi dengan pendekatan RME meliputi buku guru, buku siswa dan LKS. Proses pengembangan berkaitan dengan kegiatan pada setiap tahap-tahap pengembangan. Produk akhir dievaluasi berdasarkan aspek kualitas produk yang ditetapkan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 6 Jember dengan materi ajar persegi panjang dan persegi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember. Secara rinci tahapan proses pengembangan perangkat pembelajaran dengan karakterkonsisten dan teliti dengan pendekatan RME pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi kelas VII SMP menggunakan model 4-D yang dimodifikasi dengan model Kemp yaitu define, design, develop dan disseminate. Modifikasi model 4-D dengan model Kemp terdapat pada analisis materi dan analisis tugas. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menghasilkan produk yaitu RPP I, RPP II, Buku Siswa, LKS I, dan LKS II. Dari hasil validasi perangkat pembelajaran didapatkan koefisien validasi RPP, Buku Siswa, dan LKS berturut-turut adalah 4,37, 4,6 , dan 4,6 (skala maksimal 5) dengan interpretasi valid. Persentase aktivitas guru pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 berturut-turut adalah 83,3% dan 90% yang diinterpretasikan baik. Sedangkan untuk persentase aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 berturu-turut adalah 82,3% dan 92,2% yang diinterpretasikan baik. Dari hasil aktivitas guru dan aktivitas siswa, perangkat pembelajaran dikatakan praktis. Pada pengamatan karakter pada pertemuan 1 karakter konsisten didapatkan 76,1% (cukup konsisten) dan karakter teliti didapatkan 81,25% (teliti). Pengamatan karakter pada pertemuan 2 karakter konsisten didapatkan 88,9% (konsisten) dan karakter teliti didapatkan 93,4% (sangat teliti). Dari hasil analisis karakter konsisten dan teliti perangkat pembelajaran dikatakan efektif. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria kualitas penngembangan perangkat yaitu valid, praktis, dan efektif sehingga perangkat pembelajaran matematika ini dapat dikatakan baik. Sehingga guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran berkarakter khususnya karakter konsisten dan teliti.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101054;
dc.subjectBerbasis Karakter Konsisten dan Teliti, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Bahasan Persegi Panjang dan Persegien_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER KONSISTEN DAN TELITI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VII SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record