Show simple item record

dc.contributor.authorMARISCA BIANTIKA WARDHANI
dc.date.accessioned2013-12-06T13:53:38Z
dc.date.available2013-12-06T13:53:38Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM090210204185
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5823
dc.description.abstractAktivitas belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah metode mengajar guru yang kurang membangkitkan aktivitas belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimanakah penggunaan model inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok bahasan teknologi produksi pada siswa kelas IV SDN Antirogo 04 kecamatan Sumbersari Jember tahun pelajaran 2011/2012? Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada pokok bahasan teknologi produksi. Penggunaan model pembelajaran Inkuiri dalam penelitian ini adalah salah satu pembelajaran yang dapat memancing aktifitas dan hasil belajar siswa, karena pembelajaran tersebut siswa akan diajak belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan, sehingga siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya. Penelitian ini dilakukan di SDN Antirogo 04 Kecamatan Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Sumber data primer diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV, sedangkan data sekunder diperoleh dari guru kelas IV . Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 43 % dengan kriteria kurang sekali. Pada siklus I dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 76 % Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa semakin meningkat dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa dengan kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Antirogo 04 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang diberikan adalah siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami langkah – langkah pembelajaran model inkuiri, hal tersebut dimaksudkan agar siswa lebih memahami dan mampu melaksanakannnya dengan baik dan benar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204185;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar, Model Inkuirien_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN TEKNOLOGI PRODUKSI MELALUI MODEL INKUIRI DI SDN ANTIROGO 04 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record