Show simple item record

dc.contributor.authorAffien Fitra Prayudi
dc.date.accessioned2014-07-11T07:00:38Z
dc.date.available2014-07-11T07:00:38Z
dc.date.issued2014-07-11
dc.identifier.nimNIM100210204067
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58222
dc.description.abstractPenerapan pendekatan komunikatif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember dilakukan dengan langkah kegiatan awal yang meliputi apersepsi, motivasi, dan penyampaian kompetensi, kegiatan inti yang meliputi presentasi materi, diskusi kelompok, dan penyampaian kompetensi, penutup yang meliputi penguatan, refleksi, dan penyimpulan. Pada pembelajaran dengan menggunakan pendekatan komunikatif guru memegang prinsip gramatikal, sosiolinguistik, kewacanaan, dan strategi. Keberhasilan penerapan pendekatan juga ditunjang dengan kegiatan diskusi, pemberian contoh, pemberian bimbingan, pemberian reward, dan penjelasan tentang kriteria penilaian kepada siswa. Peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah diterapkan pendekatan komunikatif diketahui dari siswa yang tuntas sebesar 31,25% pada prasiklus menjadi 53,1% pada siklus I dan 83,8% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran berbicara dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SDN Lojejer 05 Wuluhan Jember. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya pendekatan komunikatif dapat dioptimalkan penggunaannya dengan memahami prinsip, ciri-ciri, tujuan, dan pelaksanaan dalam pembelajaran sehingga dapat memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204067;
dc.subjectPendekatan Komunikatif, Kemampuan Berbicaraen_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS V SDN LOJEJER 05 WULUHAN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record