Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Nur Laily R.
dc.date.accessioned2014-07-11T06:55:32Z
dc.date.available2014-07-11T06:55:32Z
dc.date.issued2014-07-11
dc.identifier.nimNIM100210204031
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58220
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dengan penerapan metode problem solving. Berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa kelas V pada siklus I dan II, diperoleh data bahwa pada siklus I perolehan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 74,64% dan termasuk pada kriteria aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 10,71% dari 74,64% menjadi 85,35% dan termasuk pada kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil analisis data mengenai hasil belajar siswa kelas V pada siklus I dan siklus II, diperoleh data bahwa persentase skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 77,07% termasuk pada kriteria hasil belajar baik. Pada siklus II terjadi peningkatan 8,93%, dari 77,07% menjadi 86% termasuk pada kriteria hasil belajar sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SD Darul hikmah Kranjingan Jember dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Saran bagi kepala sekolah hendaknya dapat menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode problem solving dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta dapat menggunakan metode problem solving sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran dalam pembelajaran PKn. Bagi peneliti lain hendaknya dapat dijadikan sebagai informasi untuk melakukan penelitian sejenis dengan bahasan yang berbeda dan hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau referensi mengenai penerapan metode problem solving.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204031;
dc.subjectMetode Problem Solving, Menghargai Keputusan Bersamaen_US
dc.titlePENERAPAN METODEPROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA DI SD DARUL HIKMAH KRANJINGAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record