dc.description.abstract | Pembelajaran PKn di SD pada umumnya masih menggunakan metode
pembelajaran konvensional dan media jarang sekali digunakan sehingga pemahaman
terhadap konsep PKn sulit dipahami. Pembelajaran dimana guru masih mendominasi
jalannya pembelajaran dapat mengakibatkan siswa cenderung menerima materi
pembelajaran secara pasif. Ini dikarenakan guru jarang melibatkan siswa dalam
proses pembelajarannya.
Berdasarkan hasil observasi kelas IVB di SDN Kebonsari 04 Jember, terdapat
permasalahan yaitu motivasi dan hasil belajar siswa rendah. pertanyaan yang diajukan
oleh guru hanya dijawab oleh beberapa siswa saja, suasana kelas kurang aktif dan
terasa membosankan, guru hanya menggunakan metode ceramah tanpa
dikolaborasikan dengan metode lain serta guru masih jarang menggunakan media
sehingga peserta didik menjadi kurang termotivasi. Oleh karena itu, peneliti
menggunakan media pembelajaan gambar dua dimensi untuk meningkatkan motivasi
dan hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas 4B SD Negeri Kebonsari 04 Jember pada
pelajaran PKn poko m pemerintahan tingkat pusat tahun pelajaran
2011/2012 melalui penerapan media gambar dua dimensi. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn pokok bahasan sistem pemerintahan tingkat pusat.
Media sebagai bagian dari komponen pembelajaran, kehadirannya sangat
diperlukan sebagai upaya untuk membantu pelaksanaan pembelajaran dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan. Dengan penggunaan media
yang tepat dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa
sedemikian rupa sehingga menarik perhatian dan meningkatkan motivasi siswa yang
akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SDN Kebonsari 04 Jember dan pengambilan data
dilakukan mulai tanggal 15 februari sampai dengan 29 Mei 2012. Adapun subjek
penelitian adalah seluruh siswa Kelas IVB SDN Kebonsari 04 Jember. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis data kuantitatif
dan kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif. Sedangkan metode
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan
tes.
Dari hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran melalui
penerapan media gambar dua dimensi pada pokok bahasan sistem pemerintahan
tingkat pusat dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa
cenderung meningkat dari tiap siklusnya. Persentase rata-rata motivasi siswa di siklus
I adalah 52,75% dan di siklus II yaitu 68,13%. Terlihat jelas bahwa motivasi siswa
setiap siklus mengalami peningkatan. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal
juga mengalami peningkatan dari tiap siklusnya yaitu pada siklus I mencapai 62,5%
dan siklus II meningkat menjadi 82,5%. Pencapaian hasil belajar ini sudah melampui
batas ketuntasan belajar secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu 70% dan hasil
belajar ini dapat dikatakan dalam kategori baik.
Dari hasil penelitian di atas, maka disarankan : Setiap siswa sebaiknya
meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya agar setiap pembelajaran dapat dipahami
dengan baik yaitu dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan
menyenangkan. Selain itu guru kelas hendaknya dapat menggunakan media ini pada
pelajaran-pelajaran lainnya di kelas. Pihak sekolah juga diharapkan dapat membantu
menyediakan media yang dibutuhkan guru dalam kegiatan pembelajarannya. | en_US |