dc.contributor.author | SISCA LINDA PRAHESTI | |
dc.date.accessioned | 2014-07-11T03:49:02Z | |
dc.date.available | 2014-07-11T03:49:02Z | |
dc.date.issued | 2014-07-11 | |
dc.identifier.nim | NIM090210102069 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58194 | |
dc.description.abstract | Berdasarkan analisis data aktivitas belajar untuk kelas eksperimen dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media
Card Sort memiliki presentase rata-rata aktivitas belajar sebesar 89,81% sedangkan
kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran langsung (konvensional)
memiliki presentase rata-rata aktivitas belajar sebesar 86,32%. Berdasarkan analisa
data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan uji Independent
Samples ttest diperoleh nilai Sig. (1-tailed) sebesar 0,011 atau nilai Sig. < 0,05 maka
Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti aktivitas belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih
baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional). Hasil uji t hasil belajar
antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai sig. (1-tailed) sebesar
0.0005 atau <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti hasil belajar
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media
Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional) dalam
pembelajaran fisika di SMA.
Berdasarkan hasil dan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan
penelitian ini adalah : (1) Aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai media Card Sort lebih baik
daripada model pembelajaran langsung (konvensional). (2) Hasil belajar siswa
dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Learning Together disertai
media Card Sort lebih baik daripada model pembelajaran langsung (konvensional). | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 090210102069; | |
dc.subject | Learning Together, Card Sort, Pembelajaran Fisika | en_US |
dc.title | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER DISERTAI MEDIA CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA | en_US |
dc.type | Other | en_US |