• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF WACANA CERITA MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Mutiah Nur Fatimah - 060210402111_1.pdf (325.6Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Mutiah Nur Fatimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Madura dan di ikuti oleh semua siswa kelas VII sebanyak 39 siswa.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa dalam menyimak cerita. Instrument penelitian dalam penelitian ini ada jenis, yaitu : 1. Instrument pengumpulan data, 2. Instrument pemandu analisis data. Kemampuan menyimak intensif melalui media audio dalam wacana cerita pada Siswa Kelas VII SMP Islam Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Madura dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil pembelajaran pada siklus I mengenai hasil belajar siswa pada siklus I tentang menyimak wacana cerita dalam menentukan ide pokok, ide penjelas, dan menceritakan kembali isi wacana cerita diperoleh data untuk nilai tertinggi yang diperoleh responden adalah 75 dan nilai terendah adalah 50, serta rata-rata hasil belajar sebesar 63,97. Perolehan hasil belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan menyimak intensif wacana cerita melalui media audio, 13% berada pada kategori baik, 82% cukup, dan 5% kurang. Hasil pembelajaran pada siklus II mengenai hasil belajar siswa pada siklus II tentang menyimak cerita dalam menentukan ide pokok, ide penjelas dan menceritakan kembali wacana cerita diperoleh data untuk nilai tertinggi yang diperoleh responden adalah 96,66 dan nilai terendah adalah 70, serta rata-rata hasil belajar sebesar 77,88. Perolehan hasil belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan menyimak intensif wacana cerita melalui media audio, 33% berada pada kategori baik sekali, 67% baik, dan tidak ada katagori dibawah katagori Cukup. Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian, untuk selanjutnya supaya pada media audio (kaset) dalam menceritakan lebih lambat atau pelan, sehingga siswa bisa lebih mudah untuk mengikutinya.Isi ceritanya disesuaikan dengan pengalaman siswa sehingga media audio dapat lebih maksimal dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58188
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository