• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    STRATEGI MEMINTA : STUDI KASUS TINDAK TUTUR ANAK USIA 8 TAHUN

    Thumbnail
    View/Open
    Mei Suliasih - 100210402078_1.pdf (1.229Mb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Mei Suliasih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Bahasa digunakan untuk menuangkan perasaan, ide atau gagasan , pendapat, dan pikiran. Bahasa digunakan oleh semua manusia dari berbagai usia, baik dewasa, remaja, maupun anak-anak. Saat berbahasa anak-anak memproduksi berbagai tindak tutur dalam berbagai peristiwa. Tindak tutur meminta yang diujarkan oleh anak-anak merupakan fenomena bahasa yang khas milik anak-anak. Saat mengujarkan tuturan permintaannya anak-anak tidak serta merta langsung mengungkapkan permintaannya begitu saja, namun ada strategi tertentu yang digunakan oleh anak untuk menunjang tuturan permintaannya supaya berhasil. Strategi meminta yang dilakukan oleh anak usia 8 tahun merupakan topik yang unik dan menarik untuk dikaji lebih dalam. Bahasa anak dikatakan unik karena bersifat figuratif dan imajinatif, lalu dikatakan menarik karena bahasa anak yang sederhana namun kreatif. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah strategi meminta anak usia 8 tahun berdasarkan pendayagunaan konteks?, (2) bagaimanakah strategi meminta anak usia 8 tahun berdasarkan cara pengekspresian? Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan beserta konteks yang diindikasikan memuat tindak tutur meminta. Sumber data dalam penelitian ini adalah anak usia 8 yaitu Rahel Dimaresa. Data dikumpulkan dengan menggunakan tiga teknik yaitu: (1) observasi/pengamatan, (2) catatan lapang, dan (3) rakam. Analisis data yang dilakukan dengan metode kualitatif, yang terdiri dari tiga proses, yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima jenis pendayagunaan konteks yang ditemukan yaitu konteks tempat, konteks waktu, konteks suasana, konteks peristiwa, dan konteks orang sekitar. Selain itu, ada empat jenis cara pengekspresian yang juga ditemukan yaitu langsung literal, langsung tak literal, tak langsung literal, dan tak lngsung tak literal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi meminta yang paling banyak digunakan oleh anak usia 8 tahun adalah cara pengekspresian tak langsung literal.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58187
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository