Show simple item record

dc.contributor.authorLutfia Aziz
dc.date.accessioned2014-07-11T03:24:35Z
dc.date.available2014-07-11T03:24:35Z
dc.date.issued2014-07-11
dc.identifier.nimNIM100210402049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58186
dc.description.abstractPengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rambipuji Jember, dimulai pada 7 Januari 2014 untuk tahap observasi serta pada 10 dan 14 Maret 2014 untuk tahap penelitian. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas VIII A. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Proses penerapan metode PRP untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membawakan acara sebagai berikut. (1) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok; (2) guru menjelaskan materi membawakan acara; (3) guru menjelaskan prosedur metode PRP; (4) siswa membentuk pasangan di dalam kelompok; (5) siswa bersama pasangan berlatih dan praktik membawakan acara secara berpasangan (double MC); dan (6) setiap pasangan dinilai oleh pasangan lain dalam satu kelompok. Tahap-tahap tersebut dapat berjalan lancar dan menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya yakni, hasil belajar siswa meningkat dari 60,52% atau 23 siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 84,22% atau 32 siswa yang tuntas pada siklus II. Kemampuan rata-rata siswa meningkat dari 76,58 pada siklus I menjadi 82,95 pada siklus II. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian mengenai penerapan metode PRP dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII A SMPN 1 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2013−2014 dalam membawakan acara.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210402049;
dc.subjectPractice Rehearsal Pairs, Kemampuan Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII A SMPN 1 RAMBIPUJI JEMBER DALAM MEMBAWAKAN ACARAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record