Show simple item record

dc.contributor.authorUllia Farni Andhita
dc.date.accessioned2014-07-10T07:41:29Z
dc.date.available2014-07-10T07:41:29Z
dc.date.issued2014-07-10
dc.identifier.nimNIM060910201194
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58164
dc.description.abstractBerdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti maka secara garis besar dapat disimpulkan bahwa Aksesibilitas Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Kabupaten Jember (studi kasus SLB-C Bagian Tunagrahita Jember), Sekolah luar biasa merupakan salah satu aksesibilitas yang diberikan untuk mempermudah anak berkebutuhan khusus belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui aksesibilitas pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus yang mengambil contoh pada anak tunagrahita di SLB C Bagian Tunagrahita Jember. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara, uji keabsahan data menggunakan triangulasi, sedangkan untuk menganalisa data yang dipaparkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus mendapat perhatian dari pemerintah pusat berupa dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang diwujudkan berupa perlengkapan sekolah serta peralatan praktek sedangkan dari pemerintah daerah kurang mendapat perhatian karena hanya sekali mendapat bantuan berupa meja kursi pada tahun 2007. Dengan adanya perhatian dari pemerintah pusat serta adanya kemudahan akses informasi tentang lembaga penyelenggaraan sekolah memberikan efek bagi orang tua untuk mau mensekolahkan anaknya yang berkebutuhan khusus di SLB C Bagian Tunagrahita. Sedangkan dari masyarakat perhatian kepada anak berkebutuhan khusus ditunjukkan dengan adanya tenaga pendidik yang ahli menangani anak berkebutuhan khusus.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910201194;
dc.subjectPendidikan Anak, Berkebutuhan Khususen_US
dc.titleAksesibilitas Pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Jember (Studi Kasus di SLB C TPA Bagian Tunagrahita Tingkat SDLB/SMPLB/SMALB Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record