Show simple item record

dc.contributor.authorEvy Eka Kurniawati
dc.date.accessioned2014-07-10T07:05:44Z
dc.date.available2014-07-10T07:05:44Z
dc.date.issued2014-07-10
dc.identifier.nimNIM090910201057
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58156
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan indeks kepuasan masyarakat pengguna kartu jamkesda pada instalasi rawat inap yang diberikan oleh RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang dengan menggunakan Indeks Kepuasan Kasyarakat (IKM). IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran data secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Indeks kepuasan masyarakat diperoleh melalui pengukuran terhadap 14 unsur IKM yang meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan pelayanan. Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian adalah pasien yang telah mendapatkan pelayanan sebanyak 158 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai dengan Oktober 2013 di RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk karakteristik responden, sebagian besar umur responden termasuk ke dalam kategori yaitu usia 21- 40 tahun, jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan mayoritas tergolong pendidikan SMP dan pekerjaan sebagian besar berprofesi sebagai petani. Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai sebesar 72,75 yang termasuk kategori baik. Unsur kepuasan pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi adalah unsur kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan dan kepastian biaya pelayanan yaitu sebesar 3,00 dan unsur terendah adalah unsur kenyamanan lingkungan yaitu sebesar 2,75.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090910201057;
dc.subjectKartu Jamkesda, Kepuasan Masyarakat, Instalasi Rawat Inapen_US
dc.titleINDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA KARTU JAMKESDA PADA INSTALASI RAWAT INAP DI RSUD Dr. HARYOTO KABUPATEN LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record