dc.description.abstract | Dari adanya hal tersebut, pemilik menawarkan ukuran baru yang lebih
proporsional dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan ukuran sebelumnya.
Inovasi kemasan dilakukan dengan menambahkan bagian kemasan dengan mika.
Jadi, kemasan produk tertutup kertas karton, namun ada bagian yang terlihat.
Design kemasan juga dirubah sesuai dengan kebutuhan ukuran produk. Pada
inovasi bahan komplementer, dilakukan dengan melakukan inovasi rasa pada
produk proltape, yaitu dengan menciptakan proltape dengan rasa kismis-keju,
keju, coklat-keju, dan kenari.
Selain itu inovasi juga dilakukan diluar standar ukuran dan kemasan
perusahaan. Yaiut inovasi / perubahan yang dilakukan berdasar pesanan
konsumen untuk kepentingan acara seperti pernikahan, seminar, rapat, dan lainlain.
Ukuran yang dipesan sesuai dengan permintaan konsumen, begitu juga
dengan kemasan dan rasa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasa loyal
pelanggan terhadap UD. Primadona. Menurut keterangan dari informan utama
dalam penelitian ini, inovasi yang telah dilakukan berdampak positif pada
penjualan produk proltape, terbukti terdapat peningkatan permintaan produk
proltape. | en_US |