dc.description.abstract | Penelitian ini adalah tahap awal dari pelaksanaan penelitian mengenai system pengereman regenerative mobil listrik Universitas Jember, Aplikasi system pemulihan energi menggunakan energi kinetik pada mobil listrik pada saat melakukan pengereman. Aplikasi KERS (Kinetic Energy Recovery System) diharapkan dapat memperbaiki performa system penyimpanan energy listrik dan meningkatkan jarak tempuh mobillistrik dengan adanya system regenerative pada system pengisian baterai sebgai hasil bangkitan dari system pengereman.Sistem pengereman regeneratif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan membuat prototype yang terdiri atas tiga komponen utama yakni CVT (continously variable transmission), flywheel dan clutch. Data yang diperoleh pada hasil percobaan menunjukkan hubungan parameter-parameter yaitu kecepatan roda mobil, kecepatan flywheel dan durasi flywheel pada saat pengereman. Pada salah satu hasil pengambilan data diperoleh data kecepatan roda sebesar 680 rpm, kecepatan flywheel 128 rpm dengan durasi putaran flywheel setelah pengereman adalah 21,42 detik. | en_US |