Show simple item record

dc.contributor.authorGUN KARIMATA SARI
dc.date.accessioned2014-05-07T03:41:04Z
dc.date.available2014-05-07T03:41:04Z
dc.date.issued2014-05-07
dc.identifier.nimNIM090210102027
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57510
dc.description.abstractFisika merupakan bagian dari sains yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, berupa penemuan penguasaan kumpulan fakta- fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkan pengetahuan di dalam kehidupan sehari-hari Penguasaan sains (IPA) bukan hanya kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pembelajaran sains fisika harus melibatkan tiga aspek penting hakikat sains yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Faktanya penerapan pembelajaran sains fisika di sekolah yang melibatkan ketiga hakikat sains tersebut masih rendah. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar fisika siswa rendah, sehingga perlu adanya suatu model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat sains. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan hakikat sains ialah model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika. Oleh karena itu, diadakanlah penelitian mengenai model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika pada pembelajaran IPA-Fisika di SMP. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa selama menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika dalam pembelajaran IPAFisika di SMP, dan (2) untuk mengkaji signifikansi pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika terhadap hasil belajar siswa IPA-Fisika di SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Bondowoso. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian 1 meggunakan analisis deskriptif dan hipotesis penelitian 2 adalah Independent-Sample T-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil analisis deskriptif untuk uji deskriptif 1 diperoleh hasil aktivitas belajar siswa didapatkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pertemuan pertama sebesar 91 % dan pada pertemuan kedua didapatkan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 94 %, dengan presentase rata-rata 93%. Jika dikonsultasikan pada katagori tingkat aktivitas siswa dapat dikatakan bahwa aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika berada dalam kategori sangat aktif karena berada pada rentang 80% sampai dengan 100 % (Pa 80%). Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,002. Penelitian ini menggunakan uji satu sisi (1-tailed) maka nilai Sig. (p-value) dibagi 2 sehingga pvalue sebesar 0,001. Karena Sig. (1-tailed) = 0,001 lebih kecil dari α = 0,05, maka H diterima, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan. Dengan demikian model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA-Fisika siswa di SMP. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika dalam pembelajaran IPA-Fisika siswa kelas VII MTsN 1 Bondowoso tahun ajaran 2013/2014 termasuk dalam kategori sangat aktif, dan (2) Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning/PBL) dengan media gambar kejadian fisika berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas VII di MTsN 1 Bondowoso.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102027;
dc.subjectPembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/Pbl), Gambar Kejadian Fisikaen_US
dc.titleMODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING/PBL) DENGAN MEDIA GAMBAR KEJADIAN FISIKA PADA PEMBELAJARAN IPA FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record