dc.description.abstract | Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika
berdasarkan whole brain teaching dengan Pendekatan Quantum Learning telah
memenuhi kriteria kepraktisan dan guru mampu mengelola pembelajaran dengan
baik. Dari hasil uji efektifitas, perangkat pembelajaran matematika berdasarkan whole
brain teaching telah memenuhi kriteria keefektifan. Persentase aktivitas siswa pada
pertemuan pertama sampai ketiga berturut-turut adalah 85,19%; 88,89%; 96,3%. Hal
ini menunjukkan siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran berdasarkan whole
brain teaching dengan Pendekatan Quantum Learning. Uji coba dilaksanakan di SMP
N 7 Jember pada tanggal 12 -19 November 2013. Dari analisis angket respon siswa
diperoleh bahwa lebih dari 81,5% siswa memberikan respon positif terhadap tiap-tiap
indikator yang ditanyakan dalam angket respon siswa, hal ini berarti siswa setuju
dengan penerapan pembelajaran matematika berdasarkan whole brain teaching
dengan Pendekatan Quantum Learning. Siswa merasa senang dan berharap bisa
diterapkan pada kegiatan berikutnya. Berdasarkan kriteria-kriteria kualitas perangkat
pembelajaran yang telah terpenuhi, dihasilkan perangkat pembelajaran matematika
berdasarkan whole brain teaching dengan Pendekatan Quantum Learning pada materi
segitiga untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII yang layak dan
dapat digunakan oleh guru tingkat SMP untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran
matematika berdasarkan whole brain teaching yang terdiri dari rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), buku siswa, lembar kerja siswa (LKS), dan tes hasil belajar. | en_US |