dc.description.abstract | Analisis data dengan uji N-gain di peroleh skor N-gain pada masing-masing
pertemuan. Pertemuan pertama diperoleh skor N-gain sebesar 0,37, pada pertemuan
kedua sebesar 0,39, dan pada pertemuan ketiga sebesar 0,5. Dengan kata lain bahwa
hasil belajar fisika siswa setelah menggunakan model pembelajaran dengan kegiatan
mendeskripsikan demonstrasi secara konseptual mengalami peningkatan daripada
sebelum pembelajaran pada setiap pertemuan. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh
pertemuan pertama, kedua, dan ketiga berturut-turut adalah 67.3%, 72.7%, 75.8% dan
jika dirata-rata sebesar 71.93%. Jika disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa, maka
termasuk pada kriteria aktif.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian
ini adalah: (1) hasil belajar fisika siswa setelah pembelajaran menggunakan model
pembelajaran dengan kegiatan mendeskripsikan demonstrasi secara konseptual
mengalami peningkatan dalam kategori sedang daripada hasil belajar fisika siswa
sebelum pembelajaran. Peningkatan tersebut berada dalam kategori sedang
dikarenakan kurangnya motivasi siswa yang menyebabkan siswa belum menyerap
materi pembelajaran secara maksimal., (2) aktivitas belajar siswa selama
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran dengan kegiatan
mendeskripsikan demonstrasi secara konseptual dalam pembelajaran fisika dapat
digolongkan dalam kategori aktif. Indikator aktivitas siswa yang memiliki persentase
tertinggi yaitu mengerjakan tugas dan berdiskusi. | en_US |