Show simple item record

dc.contributor.authorFITRI HARIANI
dc.date.accessioned2014-04-23T01:45:29Z
dc.date.available2014-04-23T01:45:29Z
dc.date.issued2014-04-23
dc.identifier.nimNIM090210102079
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57317
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tanggul. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah post-test only control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent-Sample T-test program SPSS 16 dengan taraf signifikansi 5%. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan pengujian hipotesis pihak kanan. Hasil analisis Independent-Sample T-test untuk menguji hipotesis penelitian 1 diperoleh nilai t pada equal variance assumed adalah 2,571 dengan signifikansi (1- tailed) 0,006. Nilai sig  0,05 sehingga skor rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Untuk menguji hipotesis penelitian 2 diperoleh hasil analisis Independent-Sample T-test nilai t pada equal variance assumed adalah 2,071 dengan signifikansi (1-tailed) 0,004  0,05, sehingga nilai rata-rata hasil belajar fisika kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) model problem solving laboratory berpengaruh signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tanggul, dan (2) model problem solving laboratory berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Tanggul.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210102079;
dc.subjectModel Problem Solving Laboratory, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar Fisikaen_US
dc.titlePENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING LABORATORY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 2 TANGGULen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record