• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MODEL INKUIRI DENGAN TIPE INTEGRATED PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Etik Khoirun Nisa - 090210102023_1.pdf (578.7Kb)
    Date
    2014-04-23
    Author
    ETIK KHOIRUN NISA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil analisis data aktivitas belajar siswa selama menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA tergolong kategori aktif, yaitu dengan rata-rata nilai sebesar 71,1%. Aktivitas belajar siswa yang paling sering muncul adalah melakukan percobaan dan bertanya yaitu sebesar 74,2% dan 72,6%. Rumusan masalah yang kedua yaitu pengujian hipotesis penelitian menggunakan Paired Sample T-test diperoleh hasil analisis nilai Sig. = 0,000. Sedangkan kriteria yang ada ialah H0 ditolak jika nilai Sig.< 0,05. Hal ini berarti H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA. Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA pada tema aliran energi dalam ekosistem berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) aktivitas belajar siswa selama menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA di SMP termasuk dalam kategori aktif, dan (2) ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model inkuiri dengan tipe integrated pada pembelajaran IPA di SMP.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57315
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository