Show simple item record

dc.contributor.authorRatna Dewi Sartika
dc.date.accessioned2014-04-22T07:23:03Z
dc.date.available2014-04-22T07:23:03Z
dc.date.issued2014-04-22
dc.identifier.nimNIM080210391040
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57283
dc.description.abstractPada dasarnya banyak hal yang mempengaruhi kepuasan konsumen di dalam koperasi diantaranya yaitu variasi produk dan pelayanan yang diberikan oleh pihak koperasi tersebut kepada konsumen, seperti halnya yang terjadi pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang. Pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang tersebut hal yang paling utama diperhatikan oleh pengurus dan pengawas dalam menjalankan usahanya yaitu dengan memberikan variasi produk dan pelayanan yang maksimal kepada konsumen. Adanya variasi produk dan pelayanan yang bagus pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang maka konsumen akan merasa senang dan puas ketika berbelanja pada koperasi tersebut. Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari variasi produk dan pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan tahun 2013/2014 dan untuk mengetahui manakah diantara variabel variasi produk dan pelayanan yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan metode accidental sampling sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, garis regresi linier berganda, analisis varian garis regresi, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi produk dan pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan tahun 2013/2014. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan menggunakan uji F menghasilkan F F hitung = 78,737 > F = 3,252 dengan tingkat taraf signifikan α = 0.05 > 0.000 dan koefisien determinasi (R tabel ) sebesar 81% sedangkan sisanya yaitu 19% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti, seperti harga, lokasi, promosi, kualitas produk, dan lain-lain. square Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variasi produk dan pelayanan memberikan kontribusi yang positif terhadap kepuasan konsumen pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang pada unit usaha pertokoan. Hal ini dikarenakan variasi produk dan pelayanan merupakan hal utama yang diperhatikan oleh konsumen dalam membeli produk-produk pada KP-RI Ganesha kecamatan Klakah kabupaten Lumajang. Jadi, pihak koperasi harus dapat mempertahankan dan meningkatkan variasi produk dan pelayanan yang ada di KP-RI Ganesha Kecamatan Klakah Kabupaten Lumajang tersebut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210391040;
dc.subjectVariasi Produk, Pelayanan, dan Kepuasan Konsumenen_US
dc.titlePENGARUH VARIASI PRODUK DAN PELAYANAN YANG DITAWARKAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUPLIK INDONESIA (KP-RI ) GANESHA KECAMATAN KLAKAH KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2013en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record