dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan motivasi dan untuk mengetahui adanya peningkatan
hasil belajar siswa kelas X AK 1 di SMK Negeri 1 Jember semester ganjil tahun
ajaran 2013/2014 pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menjelaskan
tahapan proses pencatatan transaksi menggunakan bahan ajar multimedia. Penelitian
dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini
menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang
diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar multimedia dapat
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AK 1 di SMK Negeri 1
Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menjelaskan tahapan proses
pencatatan transaksi. Pada siklus I diketahui skor rata-rata motivasi belajar siswa
sebesar 2,47 dan termasuk dalam kategori sedang, mengalami peningkatan pada
siklus II sebesar 3,15 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar yang
dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu 73,05 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 63,15% mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil
belajar siswa yaitu 82,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,89%. Berdasarkan
hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar multimedia
dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada
guru akuntansi SMK Negeri 1 Jember agar bahan ajar multimedia terus digunakan
dalam pembelajaran berikutnya terutama pada materi yang memiliki karakteristik
yang sama dengan materi tahapan proses pencatatan transaksi. | en_US |