Show simple item record

dc.contributor.authorNurul Noviyanti
dc.date.accessioned2014-04-22T07:20:04Z
dc.date.available2014-04-22T07:20:04Z
dc.date.issued2014-04-22
dc.identifier.nimNIM090210301076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57282
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X AK 1 di SMK Negeri 1 Jember semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menjelaskan tahapan proses pencatatan transaksi menggunakan bahan ajar multimedia. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X AK 1 di SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menjelaskan tahapan proses pencatatan transaksi. Pada siklus I diketahui skor rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 2,47 dan termasuk dalam kategori sedang, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 3,15 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar yang dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian siswa yaitu 73,05 dengan ketuntasan klasikal sebesar 63,15% mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 82,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,89%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan kepada guru akuntansi SMK Negeri 1 Jember agar bahan ajar multimedia terus digunakan dalam pembelajaran berikutnya terutama pada materi yang memiliki karakteristik yang sama dengan materi tahapan proses pencatatan transaksi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210301076;
dc.subjectBahan Ajar Multimedia, Motivasi Belajar, dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENGGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJARen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record