dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ketertarikan siswa dan hasil belajar mengalami peningkatan. Pada siklus I ketertarikan siswa dapat diukur dengan indikator siswa senang belajar dengan website memperoleh 53,12%, siswa memperhatikan website 59,37%, siswa antusias menggunakan website 65,62%, siswa mudah menggunakan website 50,00%, dan siswa memahami materi 65,62%. Pada siklus II ketertarikan siswa dengan indikator siswa senang belajar dengan website memperoleh 65,62%, siswa memperhatikan website 62,50%, siswa antusias menggunakan website 71,87%, siswa mudah menggunakan website 59,37%, dan siswa memahami materi 68,75%. Dan pada siklus III ketertarikan siswa dengan indikator siswa senang belajar dengan website memperoleh 75,00%, siswa memperhatikan website 71,87%, siswa antusias menggunakan website 81,25%, siswa mudah menggunakan website 68,75%, dan siswa memahami materi 78,12%. Pada ketuntasan hasil belajar siklus I peningkatan dalam ranah kognitif 75,00% dan ranah afektif 73,43%. Pada siklus II peningkatan dalam ranah kognitif 78,12% dan ranah afektif 79,68%,. Pada siklus III peningkatan dalam kognitif 81,25% dan ranah afektif 85,41%.
Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan daya tarik siswa menggunakan website interaktif sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Tanggul; (2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan website interaktif sebagai media pembelajaran dalam proses pembelajaran di Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 2 Tanggul yaitu pada siklus I, II, dan III. Setelah melakukan penelitian persiklus serta melihat peningkatan daya tarik dan hasil belajar siswa menggunakan website interaktif sebagai media pembelajaran. | en_US |