dc.description.abstract | Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan
menggunakan metode purposive area yang dilaksanakan di jurusan Pendidikan IPS
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember dan penentuan
responden menggunakan metode Proporsional Random Sampling. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan
wawancara. Angket dalam penelitian ini sebelumnya diuji dengan menggunakan uji
validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial (uji
validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier sederhana, uji F dengan taraf
signifikansi 0,05 yang dibantu dengan menggunakan program SPSS 18 for Windows).
Analisis regresi linier sederhana menghasilkan persamaan = -13,729 + 0,814X
+ ei dengan R2 (R square) sebesar 0,773. Uji F diperoleh hasil Fhitung sebesar 177,152
dan Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 4,027 dengan menggunakan kriteria
pengujian yaitu Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan
bahwa variabel bebas (Kepercayaan Merek) memiliki pengaruh terhadap variabel
terikat (Loyalitas).
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka disimpulkan bahwa kepercayaan
merek berpengaruh terhadap loyalitas pengguna laptop TOSHIBA pada mahasiswa
jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan angkatan tahun
2010-2013 sebesar 77,3%. | en_US |