• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACAKAN BERITA BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS XI SMA BERBASIS MULTIMEDIA

    Thumbnail
    View/Open
    Eka Kirti Anindita - 090210402022_1.pdf (1.416Mb)
    Date
    2014-04-21
    Author
    EKA KIRTI ANINDITA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan media pembelajaran audio-visual pada keterampilan membaca berita berbahasa Indonesia kelas XI SMA dikembangkan dengan menggunakan model 4-P. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ini terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian, berisi kegiatan-kegiatan analisis yang bertujuan untuk mendefinisikan dan menetapkan kebutuhan pembelajaran. Kegiatan analisis diakhiri dengan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap ini terdiri beberapa fase diantaranya adalah analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran; (2) tahap perancangan bertujan untuk merancang desain awal perangkat pembelajaran. Proses perancangan dimulai setelah tujuan kegiatan pembelajaran ditentukan. Kegiatan utama dalam proses perancangan adalah pemilihan media dan format untuk bahan dan pembuatan desain awal pembelajaran; (3) tahap pemgembangan bertujuan untuk memodifikasi desain awal perangkat pembelajaran. Dalam hal ini, umpan balik hasil penilaian ahli, validasi, dan uji coba digunakan untuk memperbaiki bagian perangkat yang tidak sesuai; (4) tahap penyebaran, bahan-bahan pembelajaran mencapai tahap produksi akhir bila tes pengemban memberikan hasil yang konsisten dan penilaian ahli memberikan ulasan yang positif. Dalam penelitian ini dibatasi hanya pada tahap ketiga saja. Produk yang dimaksud dalam penelitian ini berupa CD media pembelajaran multimedia berupa video yang di dalamnya berisi pemaparan materi membaca berita dilengkapi dengan contoh pembacaan berita yang mengandung kesalahan dalam aspek intonasi, lafal, penjedaan, dan sikap membaca. Masing-masing dianalisis letak kesalahannya lalu diperbaiki dengan pembenaran dari kesalahan tersebut, dicontohkan pula cara membaca berita dengan baik dan benar. Akhir video merupakan penutup dan ucapan terima kasih.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57196
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository