dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penggunaan media
aplikasi komputer akuntansi program 3S Accounting dapat meningkatkan
keterampilan dan pemahaman belajar siswa. 2) Meningkatkan keterampilan siswa
dengan menggunakan media aplikasi komputer akuntansi program 3S Accounting. 3)
Meningkatkan pemahaman belajar siswa dengan menggunakan media aplikasi
komputer akuntansi program 3S Accounting.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan
2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan
pendekatan kualitatif yaitu memaparkan data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan
tindakan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan siswa yang terlihat
pada saat guru memberikan soal-soal transaksi untuk diolah dan di masukkan ke
dalam media aplikasi komputer akuntansi program 3S Accounting dalam
menganalisis transakasi. Pada siklus I diketahui skor rata-rata keterampilan siswa
sebesar 2,65 (kategori sedang) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi
3,37 (kategori tinggi). Begitu pula dengan pemahaman belajar siswa juga mengalami
peningkatan, hal ini dapat dilihat pada saat siswa menyatakan ulang sebuah konsep
siklus akuntansi perusahaan jasa dengan tepat dan lengkap, mengklasifikasi objek
sesuai dengan konsep debit dan kredit, mengembangkan pengetahuan dari konsep
siklus akuntansi perusahaan jasa dan mengaplikasikan konsep akuntansi untuk
pemecahan masalah yang semua itu dilakukan siswa dengan tepat dan lengkap.
Peningkatan pemahaman siswa juga dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan
klasikal siswa sebesar 80% pada sikus I dan meningkat lagi menjadi 100% pada
siklus II dengan kata lain seluruh siswa tuntas. | en_US |