dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase aktivitas siswa (
a p ) = 71,2 %, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar sebesar 68 % yang
tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan nilai rata-rata kelas
sebesar 71,2. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 70%,
sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus II. Pada
siklus II, persentase aktivitas siswa sebesar ( a p ) = 82,7 %, yang tergolong aktif dan
persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 92 %, yang tergolong telah mencapai
kentuntasan belajar secara klasikal dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81,68.
Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
discovery dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran
IPA pokok bahasan gaya kelas V SDN Glundengan 01 Wuluhan Jember. Adapun saran
yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan
menggunakan metode discovery sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif
strategi pembelajaran di kelas. | en_US |