Show simple item record

dc.contributor.authorSHELLA INDRIA DWI PANGESTI
dc.date.accessioned2014-04-21T04:02:37Z
dc.date.available2014-04-21T04:02:37Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204148
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57187
dc.description.abstractPada penelitian ini, kelas III A bertindak sebagai kelas eksperimen yaitu kelas dengan menggunakan media lingkungan dalam proses pembelajarannya, sedangakan kelas III B sebagai kelas kontrol yaitu kelas yang dalam proses pembelajarannya tidak menggunakan media lingkungan. Proses pembelajaran di xii kelas kontrol menggunakan media konvensional. Sebelum dilaksanakan proses belajar mengajar, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil pretest. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS 17 dengan taraf signifikansi 5%. Pada kelas eksperimen, diperoleh p-value (sig.) 0.100 artinya p-value > 0.05 berarti hipotesis nihil (Ho) diterima, dengan kata lain tingkat kemampuan siswa kelas eksperimen adalah homogen. Pada kelas kontrol, diperoleh p-value (sig.) 0.433 artinya p-value > 0.05 berarti hipotesis nihil (Ho) diterima, dengan kata lain tingkat kemampuan siswa kelas kontrol adalah homogen. Selanjutnya dilakukan proses pembelajaran dikelas eksperimen dengan menggunakan media lingkungan dan kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan. Selanjutnya dilakukan uji t dengan menggunakan data hasil post-test. Uji t dilakukan dengan menggunakan program statistik SPSS 17 dengan taraf signifikansi 5%. Pada kelas eksperimen, hasil perhitungan nilai t adalah sebesar 13.307 dengan p-value 0.000. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan menyimpulkan bahwa pada kelas eksperimen secara statistik ada perbedaan yang bermakna antara rata-rata nilai siswa pre-test dengan post-test. Pada kelas kontrol, hasil perhitungan nilai t adalah sebesar 7.525 dengan p-value 0.000. Hal ini berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan menyimpulkan bahwa pada kelas kontrol secara statistik ada perbedaan yang bermakna antara rata-rata nilai siswa pre-test dengan post-test. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan media lingkungan terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Ajung 01 Jember. Adapun saran dari peneliti adalah guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, harus mampu mengatur setiap kelompok dengan cara menunjuk ketua kelompok untuk setiap kegiatan yang dilakukan agar suasana kelas tetap kondusif dan tidak gaduh.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204148;
dc.subjectMedia Lingkungan, Hasil Belajar Siswa, Sumber Belajaren_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III MATA PELAJARAN IPA DI SDN AJUNG 01 AJUNG-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record