dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase hasil belajar dengan kualifikasi
memuaskan, sebelum dilakukannya model problem based learning yaitu sebesar
32,50%, sedangkan pada siklus 1 hanya sebesar 13,51%, sehingga mengalami
penurunan. Pada siklus 2 persentase hasil belajar siswa pada kualifikasi memuaskan
mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu yang semula hanya 13,51% menjadi
37,50% mengalami peningkatan sebesar 23,99%. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa rata-rata skor keterampilan berikir kritis siswa pada siklus 1 sebesar 1,60
dengan kategori rendah, sedangkan pada siklus 2 sebesar 2,01 dengan kategori sedang
sehingga peningkatannya dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 0,41.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) penerapan model Problem Based
Learning pada pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dapat meningkatkan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Sumbersari 02; 2) penerapan model
Problem Based Learning pada pokok bahasan penyesuaian diri makhluk hidup dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumbersari 02. | en_US |