Show simple item record

dc.contributor.authorMiyas Septi Adi Asri
dc.date.accessioned2014-04-21T03:51:48Z
dc.date.available2014-04-21T03:51:48Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204006
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57182
dc.description.abstractHasil penelitian tindakan menunjukkan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran matematika realistik pokok bahasan pengolahan data mangalami peningkatan. Persentase aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 15%. Hasil penelitian tindakan juga menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata nilai tes meningkat dari 63,13 pada siklus I menjadi 70 pada siklus II, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa mengingkat dari 72% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan persentase hasil belajar siswa sebesar 15%. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan PMR pada pembelajaran matematika pokok bahasan pengolahan data dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI B SDN Bangsalsari 03. Berdasarkan kesimpulan tersebut, untuk menerapkan pendekatan matematika realistik, guru harus mempertimbangkan dengan baik jenis materi dan aktivitas yang akan digunakan agar jam pelajaran dapat dimanfaatkan dengan efisien. Selain itu, siswa perlu mendapat bimbingan khusus untuk meningkatkan kemampuan berhitungnya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204006;
dc.subjectMatematika Realistik, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR POKOK BAHASAN PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS VI B SDN BANGSALSARI 03 SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record