Show simple item record

dc.contributor.authorLuky Wahyuning Asandi
dc.date.accessioned2014-04-21T03:44:50Z
dc.date.available2014-04-21T03:44:50Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57180
dc.description.abstractBerdasarkan analisis data diperoleh bahwa persentase skor aktivitas belajar klasikal pada pembelajaran siklus I dengan metode Role Playing sebesar 70,06 dengan jumlah siswa dengan kriteria sangat aktif 12 siswa, aktif 20 siswa, cukup aktif 11 siswa, dan kurang aktif 7. Sedangkan persentase skor aktivitas belajar klasikal pada siklus II sebesar 84 dengan jumlah siswa sangat aktif 37 siswa, aktif 7 siswa, cukup aktif 4 siswa, kurang aktif 2 siswa, dan tidak ada siswa yang sangat kurang aktif. Peningkatan aktivitas belajar sebesar 13,94%. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 80,7, sedangkan pada siklus II persentase skor hasil belajar secara klasikal menjadi 87 meningkat 6,3% dimana terdapat 38 siswa, baik 9 siswa, cukup baik 2 siswa, kurang baik 1 siswa, dan tidak ada siswa yang sangat kurang baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran PKn dengan pokok bahasan proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SDN Rambigundam 02. Saran dalam peneliitian ini hendaknya pembelajaran dengan metode Role Playing dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204033;
dc.subjectHasil Belajar Siswa, Pembelajaran PKnen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN PROSES PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DI SDN RAMBIGUNDAM 02 TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record