Show simple item record

dc.contributor.authorKutsiatut Diana
dc.date.accessioned2014-04-21T03:42:29Z
dc.date.available2014-04-21T03:42:29Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204023
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57179
dc.description.abstractHasil pengembangan berupa perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan CTL sub pokok bahasan luas trapesium dan layang-layang untuk kelas V SD yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB yang telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60, yaitu berturut-turut adalah 0,75; 0,71; 0,73; dan 0,79. Koefisien tersebut menunjukkan bahwa perangkat layak digunakan; b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi yang menunjukkan persentase aktivitas guru model selama empat pertemuan stabil yaitu mencapai persentase 88,57%. Persentase ini menunjukkan perangkat mudah digunakan oleh guru; c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yaitu 80%, 80,63%, 83,81%, dan 84,66%, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ≥ 80%, (3) lebih dari 80% siswa di kelas V SDN Kaliwates 01 Jember mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Efektifitas tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204023;
dc.subjectContextual Teaching and Learning (CTL), Bahasan Luas Trapesium dan Layang-layangen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SUB POKOK BAHASAN LUAS TRAPESIUM DAN LAYANG-LAYANG UNTUK KELAS V SDen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record