dc.description.abstract | Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) penerapan pembelajaran
menggunakan permainan kartu domino dalam pembelajaran sub pokok bahasan
operasi hitung perkalian dan pembagian bilangan cacah siswa kelas III SDN Bintoro
01 Kecamatan Patrang Jember secara keseluruhan berjalan sesuai dengan prosedur
permainan meskipun terdapat beberapa kendala yang terjadi selama pembelajaran
siklus I, namun kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan baik pada siklus II
dengan sedikit perbaikan dalam permainan maupun pembelajaran; 2) pembelajaran
dengan permainan kartu domino dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar
sebanyak 12,25%. Dari hasil observasi rata-rata aktivitas siswa pada siklus I
mencapai 56,25% dengan rincian sebagai berikut: bertanya/mengemukakan pendapat
38,75%; kerjasama dalam kelompok 60%; kelancaran bermain 61,25%; menjawab
pertanyaan 66,25%; dan menulis pada tabel kesalahan 55%. Pada siklus II rata-rata
aktivitas siswa mencapai 68,5% dengan rincian sebagai berikut:
bertanya/mengemukakan pendapat 60%; kerjasama dalam kelompok 65%; kelancaran
bermain 70%; menjawab pertanyaan 71,25%; dan menulis pada tabel kesalahan
76,25%; 3) hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai persentase
ketuntasan secara klasikal. Ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I mencapai
65% dan pada siklus II mencapai 80%. | en_US |