dc.contributor.author | Tisna Vicaning Adhiesty | |
dc.date.accessioned | 2014-04-21T03:22:44Z | |
dc.date.available | 2014-04-21T03:22:44Z | |
dc.date.issued | 2014-04-21 | |
dc.identifier.nim | NIM100210204078 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57176 | |
dc.description.abstract | Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based-instruction
yang diterapkan dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I secara klasikal
mencapai 65,74% dengan kategori aktif dan pada siklus II secara klasikal
mencapai 74,54% dengan kategori aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa
secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 8,8%. Hasil belajar siswa pada
siklus I mencapai rata-rata 75,83 dan meningkat pada siklus II mencapai rata-rata
81,11. Peningkatan rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke
siklus II sebesar 5,28.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model problem basedinstruction
dalam pembelajaran PKn pokok bahasan contoh peraturan perundangundangan
tingkat pusat dan daerah di kelas V SD Negeri Gumukmas 03 Jember
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini
adalah pembelajaran dengan model problem based-instruction dapat dijadikan
alternatif bagi guru dalam pembelajaran PKn sebagai upaya dalam peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 100210204078; | |
dc.subject | Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based-Instruction | en_US |
dc.title | PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED-INSTRUCTION DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN CONTOH PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TINGKAT PUSAT DAN DAERAH DI KELAS V SD NEGERI GUMUKMAS 03 JEMBER | en_US |
dc.type | Other | en_US |