dc.description.abstract | Pembelajaran IPS melalui metode inkuiri pada pokok bahasan kegiatan
ekonomi di kelas VA terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang.
Berdasarkan hasil analisis data, persentase kemampuan berpikir kritis siswa yang
diperoleh dari pembelajaran melalui metode inkuiri mengalami peningkatan dari
sebelum pelaksanaan siklus sebesar 51% meningkat menjadi 69,4% pada siklus I.
Peningkatan dari sebelum pelaksanaan siklus ke siklus I sebesar 18,4%. Sementara,
setelah pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebesar 16,6% dari siklus I sebesar
69,4% menjadi 86% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum
pelaksanaan siklus sebesar 37,5% meningkat menjadi 90% pada siklus I. Peningkatan
sebelum pelaksanaan siklus ke siklus I sebesar 52,5%. Sementara, ketuntasan hasil
belajar siswa dari siklus I sebesar 90% meningkat menjadi 97,5%, dengan
peningkatan sebesar 7,5%.
Kesimpulan penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran IPS melalui metode
inkuiri pada pokok bahasan kegiatan ekonomi dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VA SDN Kepatihan 06 Jember. Saran
dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan metode
inkuiri dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam
pembelajaran di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang
diajarkan. | en_US |