Show simple item record

dc.contributor.authorDidit Rahdiarjo
dc.date.accessioned2014-04-21T03:12:39Z
dc.date.available2014-04-21T03:12:39Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57171
dc.description.abstractHasil pengembangan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran yang berorientasi pendekatan open-ended sub pokok bahasan volume kubus dan balok di kelas V SD, yang terdiri atas RPP, buku siswa, LKS, dan THB. Perangkat pembelajaran tersebut telah dikategorikan baik karena memenuhi tiga kriteria yaitu: a) valid, diperoleh dari hasil validasi perangkat pembelajaran (RPP, buku siswa, LKS dan THB), karena koefisien validitasnya > 0,60, yaitu berturut-turut adalah 0,78; 0,76; 0,81; dan 0,75. b) praktis, diperoleh dari hasil analisis lembar observasi persentase aktivitas guru model dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yang berkategori baik berturut-turut adalah 83,33%, 86,66%, 90%, dan 93,33%. c) efektif, diperoleh dari hasil analisis: (1) persentase aktivitas belajar siswa yang berkategori baik dari pertemuan 1, 2, 3, dan 4 yaitu 82,29%, 85,05%, 87,01%, dan 90,34%, (2) persentase respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran dan proses pembelajaran yaitu ≥ 80%, (3) tes juga diperoleh bahwa lebih dari 80% siswa di kelas V SDN 2 Klatakan Situbondo mendapat skor ≥ 60 dan validitas butir soal tes hasil belajar menunjukkan interpretasi tinggi dan derajat reliabilitasnya tinggi. Dari proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan open-ended, maka dapat disimpulkan bahwa RPP, buku siswa, LKS, dan THB layak digunakan oleh guru dan siswa kelas V SD, mudah digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran dan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Saran yang dapat dituliskan pada penelitian ini adalah sebagai bahan masukan untuk membuat dan mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan open-ended untuk materi pelajaran yang lainnya bagi guru maupun peneliti lanjut.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204015;
dc.subjectOpen-Ended, Bahasan Volume Kubus dan Baloken_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI PENDEKATAN OPEN-ENDED SUB POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK KELAS V SDen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record