Show simple item record

dc.contributor.authorDedy Widoyo
dc.date.accessioned2014-04-21T03:10:27Z
dc.date.available2014-04-21T03:10:27Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM100210204026
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57170
dc.description.abstractHasil belajar pada tahap prasiklus ialah jumlah siswa sangat baik 2 siswa, baik 8 siswa, dan cukup baik 12 siswa dengan nilai rata-rata 63. Analisis hasil belajar siswa pada tahap prasiklus mengalami ketuntasan belajar sebesar 45%. Kemudian pada tahap siklus I jumlah siswa sangat baik 11 siswa, baik 8 siswa, dan cukup baik 3 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78 dan mengalami ketuntasan belajar sebesar 87%. Selanjutnya pada tahap siklus II jumlah siswa sangat baik 15 siswa, baik 6 siswa, dan cukup baik 1 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 80 dan mengalami ketuntasan belajar sebesar 95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 8%. Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan metode open-ended dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS pokok bahasan suku bangsa dan budaya. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru menggunakan metode open-ended sebagai alternatif untuk diterapkan dalam pembelajaran IPS di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi yang diajarkan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204026;
dc.subjectOpen-Ended, Aktivitas dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN METODE OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI KELAS VA SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record