dc.description.abstract | Hasil belajar pada tahap prasiklus ialah jumlah siswa sangat baik 2 siswa, baik
8 siswa, dan cukup baik 12 siswa dengan nilai rata-rata 63. Analisis hasil belajar
siswa pada tahap prasiklus mengalami ketuntasan belajar sebesar 45%. Kemudian
pada tahap siklus I jumlah siswa sangat baik 11 siswa, baik 8 siswa, dan cukup baik 3
siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 78 dan mengalami
ketuntasan belajar sebesar 87%. Selanjutnya pada tahap siklus II jumlah siswa sangat
baik 15 siswa, baik 6 siswa, dan cukup baik 1 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa
pada siklus II sebesar 80 dan mengalami ketuntasan belajar sebesar 95%. Jadi dapat
disimpulkan bahwa peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke
siklus I sebesar 15, sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I
ke siklus II sebesar 2. Ketuntasan belajar dari tahap prasiklus ke siklus I mengalami
peningkatan sebesar 42%, sedangkan dari tahap siklus I ke siklus II mengalami
peningkatan sebesar 8%.
Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan metode open-ended dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS pokok bahasan
suku bangsa dan budaya. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru
menggunakan metode open-ended sebagai alternatif untuk diterapkan dalam
pembelajaran IPS di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari materi
yang diajarkan. | en_US |