dc.description.abstract | Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberlesung 04 kecamatan Ledokombo Jember dengan subjek berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013-2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model skema yang diadaptasi dari Masyhud dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan yang dilakukan dengan observasi dan kegiatan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.
Proses penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan menyimak konsentratif unsur cerita siswa. Pada siklus I, pembelajaran dilakukan dengan cara: (1) menyampaikan kompetensi yang akan dicapai, (2) menjelaskan unsur cerita dengan bertanya jawab dengan siswa,(3) meminta siswa menyiapkan alat tulis untuk mencatat hal penting saat melakukan kegiatan menyimak, (4) menyajikan media audio visual, (3) beberapa siswa menceritakan kembali hasil menyimak, (5) meminta siswa mengerjakan LKS, (6) guru dan siswa membahas tugas yang dikerjakan oleh siswa dan (7) guru bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran yang dipelajari. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,41 dan pada siklus II sebesar 78,94 sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,53, dan siswa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan dengan siklus I maupun siklus II secara klasikal, yaitu 68,41 % dengan 13 siswa tuntas dan 78,94% dengan 15 siswa tuntas | en_US |