Show simple item record

dc.contributor.authorOki Charista Herjaktian
dc.date.accessioned2014-04-21T02:18:40Z
dc.date.available2014-04-21T02:18:40Z
dc.date.issued2014-04-21
dc.identifier.nimNIM090210201002
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57157
dc.description.abstractTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan hasil antara penerapan metode ceramah dengan metode diskusi kelompok terhadap prestasi belajar warga belajar paket C mata pelajaran bahasa Indonesia SKB Bondowoso 2013-2014. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian Eksperimental semu (Quasi Eksperimen) dengan data kuantitatif menerapkan uji Paired Samples T-test. Dalam penelitian ini responden yang diambil menggunakan teknik populasi, dengan jumlah 26 orang yang merupakan keseluruhan dari warga belajar kelas XII Paket C SKB Bondowoso. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Dengan desain penelitian kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan software SPSS ( Statistical Program For Social Science ) v.15 For Windows dengan teknik Quasi Eksperimental Seri. Berdasarkan Hasil uji t-test paired diperoleh Hasil Uji t pada paired samples statistics menunjukan hasil bahwa dari adanya proses pembelajaran yang dilakukan dengan dua perlakuan yang berbeda memiliki hasil yang berbeda antara sebelum dan sesudah, dengan menggunakan metode ceramah hasil tes diperoleh rata-rata sebesar 52,30 sedangkan dengan metode diskusi kelompok diperoleh hasil dengan rata-rata 80,38. Sedangkan pada paired samples correlations hasil uji menunjukan bahwa korelasi antara dua variabel sebesar 0,536 dengan sig sebesar 0,005. Ini menunjukan bahwa korelasi antara dua variabel rata-rata pada saat sebelum dan sesudah perlakuan khusus hasilnya kuat dan signifikan. Pada paired sample test hasil uji hipotesisnya hasil uji t sebesar -20,631 dengan sig sebesar 0,000. Karena sig <0,005 maka dapat disimpulkan bahwa (Ha) Diterima dan (Ho) Ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok lebih baik bila dibandingkan dengan metode ceramah terhadap prestasi warga belajar paket C mata pelajaran bahasa Indonesia SKB Bondowoso 2013-2014. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode diskusi kelompok hasilnya lebih baik terhadap prestasi belajar warga belajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210201002;
dc.subjectMetode Ceramah, Metode Diskusi, Belajar Paket Cen_US
dc.titleEFEKTIVITAS HASIL BELAJAR ANTARA PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PRESTASI WARGA BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PAKET C SKB BONDOWOSO 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record