dc.contributor.author | LINDA HESTIANA | |
dc.date.accessioned | 2013-12-06T07:30:46Z | |
dc.date.available | 2013-12-06T07:30:46Z | |
dc.date.issued | 2013-12-06 | |
dc.identifier.nim | NIM080210274014 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5712 | |
dc.description.abstract | Karakter pembelajaran IPA adalah pembelajaran yang mengedepankan
cara berpikir ilmiah. Pada pembelajaran IPA di kelas III SDN Sumberejo 04
kurang sekali menerapkan pembelajaran ilmiah. Pembelajaran pada umumnya
adalah tranfer informasi dari guru ke siswa secara lisan. Selama pembelajaran
siswa tidak dilibatkan secara langsung. Siswa selama pembelajaran menjadi
subjek yang pasif. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk
mengkaji : (1) Peningkatan aktifitas siswa saat mengikuti proses pembelajaran
pada saat menggunakan metode eksperimen. (2) Peningkatan hasil belajar siswa
setelah mengikuti proses pembelajaran melalui penerapan metode eksperimen.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sumberejo 04 Kabupaten Jember kelas III
yang terdiri dari 44 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan
sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis data deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada
tanggal 28 Februari 2011. Observasi yang dilakukan pada setiap siklusnya
menemukan bahwa aktivitas guru dan siswa meningkat. Hasil tes kinerja yang
mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek kesiapan, keaktifan, dan kerja
sama menunjukkan peningkatan dibandiangkan kondisi prasiklus yang hanya
dalam kondisi tidak aktif. Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori B
dan C dengan prosentase melebihi 50% untuk setiap aspeknya pada siklus II
meningkat pada kategori A dan B dengan prosentase melebihi 50% untuk setiap
aspeknya. Hasil tes esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan
portsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal
sebesar 68,18% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 86,33%
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
belajar dan hasil belajar pada materi gerak benda dengan metode eksperimen. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210274014; | |
dc.subject | Hasil Belajar, Metode Eksperimen | en_US |
dc.title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN METODE EKSPERIMEN POKOK BAHASAN GERAK BENDA PADA SISWA KELAS 3 SDN SUMBEREJO 04 | en_US |
dc.type | Other | en_US |