Show simple item record

dc.contributor.authorR. Faizal Wijaya Kusuma
dc.date.accessioned2014-04-16T21:08:20Z
dc.date.available2014-04-16T21:08:20Z
dc.date.issued2014-04-16
dc.identifier.nimNIM060910291005
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57096
dc.description.abstractBerdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pencapaian target berdasarkan indikator meningkatnya kemampuan membaca, menulis dan berhitung (calistung) para peserta didik dapat disimpulkan cukup berhasil, karena sebagian besar para warga belajar (WB) kemampuan calistungnya sudah meningkat. Adapun rincian jumlah peserta didik Program Keaksaraan Dasar di Desa Mojogemi yang kemampuan membacanya meningkat sebesar 60%, kemampuan menulis sebesar 58,3%, berhitung sebesar 81,6% dan jumlah rata-rata peningkatan dari ketiga kemampuan tersebut berada di atas 50%, yaitu sebesar 66,63%. Selanjutnya, tingkat pencapaian target berdasarkan indikator minimal 80% WB berhasil mendapatkan surat keterangan melek aksara (SUKMA), dapat disimpulkan tidak berhasil. Hal ini dikarenakan jumlah WB yang berhasil mendapatkan SUKMA berjumlah 27 WB dari total 60 WB yang ikut serta, yang apabila diprosentasekan hanya sebesar 45%. Faktorfaktor yang mendukung tingkat pencapaian target antara lain; tingginya motivasi belajar WB, tingginya motivasi tutor dalam menjalankan tugas, mata pencaharian penduduk, sarana dan prasarana, kekompakan kelompok belajar. Kemudian, faktor-faktor yang menghambat tingkat pencapaian target antara lain; rendahnya motivasi belajar WB, rendahnya motivasi tutor dalam menjalankan tugas, mata pencaharian WB, usia dan kesehatan penduduk.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910291005;
dc.subjectKeaksaraan Fungsionalen_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM KEAKSARAAN FUNGSIONAL TAHAP PEMBERANTASAN DI DESA MOJOGEMI KECAMATAN SUKOWONO KABUPATEN JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record