Show simple item record

dc.contributor.authorAndika Budhi Sanjaya
dc.date.accessioned2013-12-06T07:25:37Z
dc.date.available2013-12-06T07:25:37Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM070210193163
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5704
dc.description.abstractAkar merupakan organ tumbuhan yang sangat penting karena berperan sebagai penyokong tumbuhan serta alat penyerap air dan unsur hara, sehingga bentuk luar dan anatominya sesuai dengan fungsinya tersebut. Tumbuhan tidak hanya dibagi atas tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil, akan tetapi juga dapat dikelompokkan menjadi beberapa golongan sesuai dengan habitat hidupnya. Berdasarkan habitatnya, tumbuhan secara umum dibedakan menjadi tumbuhan xerofit, mesofit dan hidrofit. Masing-masing memiliki ciri khas yang membedakan antara tipe tumbuhan satu dengan yang lain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi Lembar Kerja Siswa Tumbuhan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, tumbuhan xerofit meliputi Acacia auriculiformis Hasil penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan menyesuaikan struktur anatominya sesuai dengan keadaan lingkungan. Pada tumbuhan xerofit struktur anatomi akarnya tidak terlalu berbeda dengan tumbuhan mesofit. Tumbuhan Xerofit memiliki lapisan korteks yang sedikit sehingga memudahkan air mencapai silinder pembuluh dan ada pula yang berupa lapisan endodermis yang memiliki jalur kaspari yang lebar sehingga masuknya air dan unsur hara lebih efesien ke silinder pembuluh. Tumbuhan Mesofit yaitu tumbuhan yang mampu hidup dengan kondisi air yang cukup sehingga mampu hidup di daerah yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah akan tetapi di tempat lembab. Tumbuhan Hidrofit beradapatasi dengan adanya lapisan aerenkim yang berguna sebagai tempat penyimpan udara pada saat respirasi sel dan tidak adanya perisikel. Secara morfologi akar pada hidrofit tidak berkembang seperti pada tumbuhan xerofit dan mesofit. Lembar kerja siswa merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. LKS harus didukung oleh perangkat pembelajaran yang lain yaitu RPP sebagai landasan acuan dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga dapat memenuhi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pengembangan perangkat pembelajaran didasarkan pada pokok bahasan SMA/MA Kelas XI Semester I tentang Jaringan Tumbuhan. Uji produk divalidasi oleh Ahli media yaitu Drs. Slamet Hariyadi M.Si dan 4 SMA/MA Negeri maupun Swasta di kabupaten Bondowoso. Hasil perhitungan dari ahli media, jumlah skor yang didapat yaitu 58, berarti LKS tersebut memiliki kualitas baik. Hasil yang diperoleh dan masukan dari ahli media menjadi pertimbangan untuk melakukan revisi atau perbaikan terhadap LKS yang telah dibuat sebelum di validasi di SMA/MA. Hasil perhitungan dari 8 validator dari 4 SMA/MA, RPP memiliki jumlah rerata keseluruhan yaitu 51,13, sedangkan LKS yaitu 71,25. Dari hasil perhitungan tersebut, RPP maupun LKS memiliki kualitas sangat baik bila digunakan dalam menunjang proses pembelajaran di kelas pada pokok bahasan Jaringan tumbuhan terutama anatomi akar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193163;
dc.subjectANATOMI, TUMBUHANen_US
dc.titleIDENTIFIKASI ANATOMI AKAR BERDASARKAN TEMPAT HIDUP TUMBUHAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record