Show simple item record

dc.contributor.authorLia Lathifah Firdaus
dc.date.accessioned2013-12-06T07:25:30Z
dc.date.available2013-12-06T07:25:30Z
dc.date.issued2013-12-06
dc.identifier.nimNIM080210204252
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5703
dc.description.abstractPenelitian ini dilaksanakan di SDN Cangkring 01 kecamatan Jenggawah kabupaten Jember pada siswa kelas V sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema Hopkins dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data untuk aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa klasikal pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, secara berurutan masingmasing adalah sebesar 62,08% dan 77,22% yang termasuk pada kategori aktif. Kemudian hasil analisis ketuntasan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pelaksanaan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II menunjukkan kenaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan sebelum tindakan siklus dilakukan. Hal ini terbukti dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal yang diperoleh sebelum tindakan siklus, siklus I, dan siklus II secara berturut-turut masing-masing adalah sebesar 43,33%, 76.67%, dan 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Cangkring 01. Disarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dengan media lingkungan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang dapat diterapkan dan dikembangkan dalam proses pembelajaran IPA maupun maupun mata pelajaran lain.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204252;
dc.subjectTipe CIRC, Media Lingkungan, Aktivitas Dan Hasil Belajar IPAen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC DENGAN MEDIA LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN CANGKRING 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record