• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS V SDN WONOREJO 01 KENCONG

    Thumbnail
    View/Open
    Lailatil Farihah.pdf (307.4Kb)
    Date
    2013-12-06
    Author
    Lailatil Farihah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah proses peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas V SDN Wonorejo 01 Kencong melalui metode diskusi kelompok. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan bercerita siswa kelas V SDN Wonorejo 01 melalui metode diskusi kelompok. Dalam penelitian ini, penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu kelas V SDN Wonorejo 01 Kencong berdasarkan pada permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi menceritakan hasil pengamatan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Analisis penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok pada materi menceritakan hasil pengamatan dapat melatih siswa dalam berbicara khususnya bercerita sehingga lebih terampil menggunakan bahasa Indonesia . Selain itu, metode diskusi kelompok juga dapat meningkatkan kemampuan bercerita siswa kelas V SDN Wonorejo 01 Kencong. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari banyaknya jumlah siswa tuntas yang semakin meningkat. Pada prasiklus diketahui jumlah siswa yang tuntas hanya berjumlah 4 siswa atau 16% dari jumlah total 25 siswa. Pada siklus I, banyak siswa yang tuntas meningkat menjadi 13 siswa atau 52%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 22 siswa atau 88% dari jumlah seluruh siswa. Untuk itu, disarankan kepada guru kelas yang lain agar metode diskusi kelompok ini dapat diterapkan sebagai metode acuan dalam pembelajaran bercerita.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5688
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository